Kamis, 21 April 2011

Merubah Menu Navigasi dalam Arthemia Blogger Template (Seri III)


Alhamdulillah, aku dapat menuliskan kembali cara merubah menu dalam arthemia blogger template. Jujur saja, aku berhasil mengubahnya karena nyoba hack sendiri aja. Menuliskan cara mengubah, kurasa itu yang sulit dari prosesnya. Jadi kalau dalam artikel lain ada kemiripan, aku benar-benar minta maaf. Aku berusaha hanya menepati janjiku pada teman-teman. Cara mengubah menu dalam artikel ini, aku tuliskan dari pengalamanku blog aku sendiri (yang sedang kamu baca). Sehingga, apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan, semacam promosi sesuatu, aku sama sekali tidak bermaksud demikian. Akhirnya, aku berharap, semua pembaca dapat mengikuti cara ini, berurutan dari langkah satu sebelum melangkah ke bagian lain.

Asal script dari Arthemia, seperti berikut;
 


Aku mengubahnya menjadi:
 
--00O00--
Baiklah, kita akan merubah satu demi satu. Caranya sebagai berikut; 
1. Temukan kode diatas dalam template kamu. (Jangan lupa expand template 
 widget)
 

2. Kamu ubah tampilan [menu] dengan yang lain. [menu1] menjadi --> [Home],lalu [menu2] menjadi -->[download]. dst. Seperti dibawah ini.  

3. Perhatikan tanda pagar [#]. Lalu dirubah menjadi tanda [#] menjadi alamat blog kamu. (Lihat alamat URL pada Download)  

4. Berikutnya ubah alamat URL anak (children). Caranya dengan mengubah alamat URL induk (mother) terlebih dahulu. Lihat alamat URL induk (mother) awalnya seperti berikut;  

5. menjadi [topic] sehingga alamat URL menjadi tampak seperti ini:  

6. Berikutnya tentang alamat URL Anak (children). Lihat awalnya tampak seperti dibawah ini;  

7. Lalu ubah alamat label asli.  

8. Menjadi label blog kamu:  


Misalnya menjadi seperti berikut;  
Catatan; jangan lupa menutup dengan pada bagian akhir alamat URL anak (children) dengan kode.  
Pada bagian akhir alamat URL Anak pada blog-ku tampak seperti contoh dibawah;  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar